Ngabuburit Asik di Tepi Sungai Siak.

sembilu yang dulu
biarlah berlalu
bekerja bersama hati
kita ini insan
bukan seekor sapi

 

Reff dari lagu berjudul Zona Nyaman oleh band Fourtwnty, grup band Indie asal Jakarta mengalun dari halaman rumah tua berlanggam Melayu yang berada di tepi sungai Siak, kota Pekanbaru. Suasana sore menjelang buka puasa yang terik tidak menghalangi grup musik ini untuk bernyanyi bersama 60 orang. Kampung Bandar sore itu menjadi semarak.

01_2
sebelum memulai bisik musik
01_6
check sound sebelum memulai bisik musik

Fourtwnty band pengisi sound track film Filosofi Kopi 2 menjadi band pertama dalam bisik musik. Bisik musik merupakan kegiatan yang melibatkan tiga komunitas. Pekanbaru Heritage, Musiccorner.id, dan Rekanada. Tiga komunitas dengan latar belakang berbeda, membuat konser bersifat rahasia dengan undangan yang sangat terbatas. Para undangan yang hadir dalam kegiatan bisik musik diseleksi terlebih dahulu. Untuk bisa hadir dalam konser ini mereka diberikan tantangan untuk membuat video yang diupload di sosial media mereka. Team dari bisik musik akan menyeleksi mereka. Selain undangan. Blogger dan media sore itu turut hadir di kawasan heritage Pekanbaru yang dikenal dengan sebutan Kampung Bandar. Tujuan diadakan bisik musik untuk membangun kepedulian akan kawasan heritage Pekanbaru serta membangun “ rasa” ke para penikmat musik di Pekanbaru.

01_8
Freza menjadi pembuka Bisik Musik
01_9
undangan hadir dalam bisik musik

“Sudah oke bang?” Ari Lesmana, vokalis Fourtwnty yang berasal dari Pekanbaru, bertanya kepada teman-teman yang sibuk mempersiapkan sound system. Sembari menunggu sound system siap, Ari memainkan telepon genggam sembari duduk di bawah rumah panggung yang berumur hampir 200 tahun yang menjadi tempat konser musik sore itu. Di samping gang di depan rumah tua, Nuwi, gitaris fourtwnty duduk di emperan salah satu rumah di dekat tempat konser sembari memainkan gitar. Jendela rumah dibuka oleh pemilik rumah, dengan logat Sumatera Barat dia berkata “ nyio mencaliak” yang artinya ingin melihat konser. Kesederhanaan menjadi tema konser.

01_13
Ari dan Nuwi di rumah tua Kampung Bandar.
01_7
Para undangan dan media yang hadir dalam bisik musik

Pada pukul 17.00 Wib. Undangan, blogger, dan media sudah tiba di halaman rumah. Sebelum tiba di rumah, mereka berjalan sejauh 200 meter terlebih dahulu dari rumah Singgah Sultan Syarif Kasim II yang berada di tepi sungai Siak. Rumah yang terletak di bawah jembatan Siak III, Kota Pekanbaru yang sudah berumur hampir 150 tahun menjadi titik kumpul para undangan. Di rumah Singgah, mereka disambut oleh teman-teman dari Pekanbaru Heritage Walk/PH. PH memandu mereka menuju tempat konser.

01_5
Ari Lesmana bermusik di Kampung Bandar.
01_6
Nuwi di tangga Rumah di Kampung Bandar.

Setelah sound system siap. Bisik musik dibuka oleh Freza Musik, Reza memainkan single terbarunya yang berjudul “ Sepeda Tak Berlampu”. Lagu ini terinspirasi dari kerja keras Pekanbaru Heritage/PH mengetuk pintu-pintu bangunan tua di Kampung Bandar lalu meyakinkan pemilik bangunan tua untuk membuka pintu sebagai destinasi wisata sejarah. Setelah Reza selesai, sesi dari fourtwnty tiba. Sebelum mulai bernyanyi, Ari terlebih dahulu   melepaskan sandal bertali yang dipakainya. Hal ini sudah menjadi kebiasaan setiap dia manggung. Dengan santai, Ari berdiri di halaman rumah yang berlapis semen. Nuwi memilih untuk duduk di tepi tangga batu rumah tua. Pertunjukan dimulai,  suasana sore itu PECAH. 60 orang yang hadir tanpa malu-malu bernyanyi bersama fourtwnty. Tidak ada batas, tidak ada jarak. Semua berbaur.

01_1
Terima kasih four twnty untuk Bisik Musik.

Selama setengah jam, empat lagu dimainkan oleh fourtwnty. Puncak dari pertunjukan bisik musik adalah saat fourtwnty memainkan single terbaru mereka yang dua bulan lagi akan diluncurkan. Pekanbaru beruntung sore itu. Bisik musik, sebuah alternatif baru dalam mengenalkan dan mengajak penikmat seni di kota Pekanbaru.

Advertisements

2 thoughts on “Ngabuburit Asik di Tepi Sungai Siak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s