Godaan Pulau Pamutusan.

Dari pulau Pagang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kapal yang saya tumpangi bergerak menuju sebuah pulau yang berada di sisi timur pulau Pagang. Saya menyeberangi selat yang siang itu sedikit bergelombang. Dari atas kapal, terlihat air mulai menutupi pasir putih penyambung antara dua pulau yang ada di depan. Pasang sudah tiba, perlu sedikit usaha bagi kapal untuk merapat ke daratan

01_7
Pulau Pamutusan, Sumatera Barat.
01_2
Terumbu-terumbu karang yang sudah mati di pulau Pamutusan. Sumatera Barat

Pulau Pamutusan adalah nama pulau yang dikunjungi. Kata pamutusan berasal dari sebuah daratan kecil berpasir halus yang selalu hilang saat pasang tinggi sampai di pulau, akibatnya dua buah pulau yang bersambung menjadi terputus. Pulau Pamutusan berada di Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Memiliki luas delapan Ha, didominasi oleh pohon-pohon kelapa. Dari Nagari Sungai Pinang, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit menggunakan kapal menuju pulau Pamutusan.

01_1
Pulau Pamutusan, Sumatera Barat.
01
Sisi timur pulau Pamtusan, Sumatera Barat.

Dari tepi pantai, saya menuju daratan. Ada pemandangan yang sejak saat kapal menyeberangi selat menarik perhatian. Mata saya menangkap bendera merah putih yang berkibar-kibar diatas bukit pulau ini, bendera itu menggoda saya untuk mengunjunginya. Tanpa menunggu lama, dari rumah-rumah bambu yang ada di daratan pulau. Saya berjalan menuju bagian selatan ke bukit pulau Pamutusan. Sinar matahari terasa membakar kulit saat mendaki bukit. Dua orang tukang yang sedang membuat pondok diatas bukit berjalan di depan saya membawa balok kayu. Langkah mereka pelan namun pasti menelusuri jalan tanah.

01_8
Pantai di Pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 
01_10
Perahu nelayan yang akan berangkat keluar dari pulau Pamutusan. Sumatera Barat. 
DSCN0269
Pasir putih sisi timur pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 

Sepuluh menit berjalan dari rumah bambu, saya tiba di puncak bukit pulau Pamutusan. Pemandangan yang ada di depan memanjakan mata. Perbukitan bukit barisan, gugusan pulau-pulau yang ada di depan dan samping pulau Pamutusan terlihat dengan jelas. Laut dangkal berwana biru muda terlihat kontras dengan laut dalam yang berwarna biru tua, hamparan terumbu karang pulau Pamutusan juga terlihat jelas dari puncak bukit. Indah.

01_4
Pemandangan dari atas bukit Pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 
01_3
Pemandangan dari puncak bukit Pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 

Pelabuhan kayu yang berada di depan pulau adalah tujuan saya setelah bukit. Dari tepi pelabuhan, saya terjun ke laut untuk melihat pemandangan bawah laut pulau Pamutusan. Pemandangan bawah laut pulau ini tidak kalah dengan pemandangan di atas. Karang-karang di pulau Pamutusan kondisinya baik. Ikan-ikan karang berseliweran ke kiri ke kanan saat saya berusaha mengabadikan mereka dengan kamera. Ada perbedaan bawah laut pulau Pamutusan dengan Pagang. Jika di pulau Pagang, jarak aman dari hamparan terumbu karang menuju laut dalam sekitar 4 meter, maka di Pamutusan jarak aman itu hanya dua meter. Lebih berhati hati saat menikmati pemandangan bawah laut di pulau ini.

DSCN0291
sisi barat pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 
DSCN0252
pemdandangan bawah air sisi timur pulau Pamutusan. Sumatera Barat. 
DSCN0257
Pemandangan sisi timur, pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 
DSCN0272
Pemandangan bawah air sisi barat, pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 

Pantai timur pulau Pamutusan menjadi tujuan akhir saya, pasir putih dengan tekstur agak kasar terasa di kaki saya. Hamparan terumbu karang di sisi timur ini tidak seindah pada bagian depan pulau. Di pantai timur saya bisa melihat pulau Sumatera yang saat itu mulai diselimuti mendung. Dengan membayar Rp 25.000 per kepala sebagai uang kebersihan pulau. Pulau Pamutusan merupakan salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan di Sumatera Barat.

DSCN0260
Pemandangan sisi barat, pulau Pamutusan, Sumatera Barat. 
8 thoughts on “Godaan Pulau Pamutusan.

Leave a Reply

