Menelusuri Lorong Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru

Bangunan berlantai empat berlanggam Melayu ini terletak tidak jauh dari pelabuhan tua Pekanbaru dan Mesjid Raya Pekanbaru. Dia sudah menjadi saksi sejarah perjalanan kota ini. Sebelum bermetamorfosis menjadi bangunan bertingkat yang gagah, dia hanyalah berupa bangunan semi permanen yang terbuat dari kayu. Lorong lorong sempit pada bangunan semi permanen ini menjadi tempat para pedagang berteriak “Cari apo daa, buliah di caliak”, para pedagang yang menempati kios di sepanjang lorong sempit ini akan bertanya dengan logat Sumatera Barat yang kental, kita mencari apa.

1

Dia bernama Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru. Letak pasar ini berada di Utara kota Pekanbaru. Lebih tepatnya, jika kita mengikuti Jalan Jendral Sudirman, kemudian, kita berbelok kearah Jalan Ahmad Yani, Ujung dari Jalan Ahmad Yani adalah letak dari Pasar Bawah. Bangunan dari pasar ini menggunakan arsitektur Melayu dengan ukiran ukiran yang menarik pada bagian tangga dari gedung ini. Pasar Bawah merupakan salah satu surga belanja di Pekanbaru. Ke empat lantai yang ada pada pasar ini menawarkan berbagai variasi buah tangan.

2

3

Saya mulai dari lantai dasar, disini, terdapat kios kios yang menjual ikan salai dan ikan teri yang berasal dari Kepulauan Riau, teri ini bernama teri tanjung. Duet maut ini merupakan oleh oleh yang sering dibawa dari Pekanbaru. Ikan salai yang berada di lantai dasar ini adalah ikan salai yang berasal dari Pelalawan, Kampar, dan Pekanbaru sendiri. Ikan salai baung/ Bagrus nemurus dan ikan selais/ Cryptopterus bicirchis adalah beberapa jenis ikan salai yang dijual disini. Walaupun berwarna gelap seperti arang, rasa dari ikan salai baung dan selais jangan di anggap remeh. Cobalah memasak ikan ini dengan cara digulai dengan daun singkong. Kemudian, ambillah sepiring nasi panas, begitu kita menggigit daging berwarna coklat kehitaman ini, tanpa sadar kita akan terus menambah nasi kedalam piring. Nikmat.

4

5

Dari lantai dasar, saya menyusuri lorong lorong yang berada di lantai satu. Lantai satu adalah tempat perempuan dimanjakan . Kios kios berpintu besi bewarna hijau yang ada di lorong ini menjual berbagai macam aksesoris untuk perempuan,salah satu asesoris yang dijual adalah mainan untuk hijab, pernak pernik dengan manik manik berkilaua ini mampu menghipnotis kaum perempuan, mereka akan berteriak “ INI LUCU”. Selain itu, tas tas bermerek dengan harga yang miring bisa didapatkan di sini. Jangan takut kelaparan saat berada di lantai satu ini. Tidak jauh dari tangga naik dari lantai dasar, terdapat kios-kios makanan yang menjual makanan khas Melayu seperti lempuk durian Bengkalis, kacang pukul Bagan Siapi api, dan kerupuk nenas dari Kampar. Selain itu, terdapat juga makanan khas dari negeri Jiran, Malaysia. Sebagai daerah yang bertetangga dengan Malaysia dan Singapura, makanan dari negeri tetangga akan dengan mudah dibeli pasar bawah. Jangan khawatir, makanan ini sudah berlabel halal.

6

7

Di lantai dua dan tiga dari pasar bawah, saya bisa membeli berbagai macam celana celana bermerek yang dijual dengan harga miring. Merek merek seperti Hugo Boss, Levis, Lacoste, dan lain sebagainya, banyak terdapat di kios kios yang berada di lantai dua dan tiga. Lantai dua dan tiga memanjakan pengunjung laki laki. Untuk pengunjung anak anak juga dimanjakan di lantai dua. Mainan anak anak bisa dibeli di lantai dua dari pasar yang selalu ramai dikunjungi di hari Sabtu dan Minggu.

8

Dari bangunan berlantai empat,saya menuju ke bagian belakang dari pasar bawah. Menurut saya, disini lah inti dari pasar bawah. Pada bagian belakang pasar bawah, terdapat sebuah jalan kecil sepanjang 400 meter, jalan ini nanti akan bertemu dengan persimpangan menuju jalan Karet, jalan Karet adalah kawasan pecinan di Kota Pekanbaru. Bagian belakang dari pasar bawah merupakan pusat penjualan ikan ikan laut yang berasal dari berbagai daerah di Propinsi Riau bahkan Sumatera Utara. Ikan kerapu/Pinephelus pachycentr, ikan malung/Muarenesox cinareus,ikan tenggiri, ikan terubuk/Tenualosa macrura yang merupakan endemik dari Selat Bengkalis serta berbagai macam jenis kerang dan kepiting bisa ditemukan disini. Jika saya datang di pagi hari, teriakan dari abang abang penjual ikan, enci enci menawar harga ikan, percikan lumpur, dan bau kopi yang sedang digiling dari salah satu kios yang berada di jalan ini akan terekam semua dikepala saya.

9

10

11

Sebagai pasar tua dan merupakan saksi sejarah dari Pekanbaru, menelusuri lorong lorong yang ada di Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru adalah pilihan yang tidak bisa ditolak jika sedang berkunjung di Pekanbaru.

12

13

Advertisements

8 thoughts on “Menelusuri Lorong Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s