Pedas Manis Mie Pangsit Megaria

Jalan Juanda yang terletak tidak jauh dari pasar wisata Pasar Bawah Pekanbaru merupakan salah satu tempat memanjakan lidah bagi para pemburu kuliner di kota ini. Pada jalan sepanjang satu kilometer ini terdapat beberapa kedai kopi yang sejak tahun 1980-an awal menjajakan masakan masakan khas Tionghoa, masakan melayu, dan Kopi O / kopi hitam yang merupakan minuman andalan. Kopi panas yang dihidangkan pada gelas keramik ini selalu disajikan sebagai teman saat kita menikmati menu makananan andalan mereka. Dengan menggunakan saringan yang menyerupai kaus kaki, kopi tanpa ampas berbau harum akan menggoda dan menahan kita untuk terus berlama lama duduk menikmati suasana di kedai kopi.

Mie pangsit Megaria yang ada di jalan Juanda Pekanbaru

Salah satu kedai kopi yang terletak di Jalan Juanda yang menu khas adalah kedai kopi Megaria. Kedai kopi ini terletak tidak jauh dari kawasan pecinan Pekanbaru. Berjarak lima puluh meter dari LosmenPekanbaru yang saat ini sedang direnovasi. Menu andalan kedai kopi ini adalah semangkuk mie keriting. Penikmat kuliner Pekanbaru biasanya menyebut menu ini dengan mie pangsit Megaria.

Para pengunjung dari mie pangsit Megaria

“ Mie pangsit satu bang”. “ Kampung tengah” saya menjadi berontak saat masuk ke dalam ruko berpintu hijau tua ini. Bau harum dari bawang goreng masuk kedalam hidung. Lapar. Tidak perlu menunggu lama, semangkuk mie pangsit sudah ada di depan saya.

Mie pangsit Megaria yang ada di kota jalan Juanda, Pekanbaru

Mie pangsit Megaria memiliki langgam yang sama dengan mie pangsit keriting di Pematang Siantar. Pangsit ayam yang menjadi tambahan dalam mie ini dihidangkan secara terpisah bersama kuah. Mie keriting yang menjadi kunci dari menu ini dihidangkan pada mangkuk putih besar. Porsi yang cukup untuk para penikmat kuliner. Mie ini dimasak selayang, direndam sebentar di air panas yang terdapat pada bofet besar di dekat pintu ruko. Demokrasi sudah ada di kedai kopi ini, pilihan menikmati mie kembali ke kita. Apakah menginginkan mie yang basah atau mie tetap kering.

DSC_0036
Mie pangsit Megaria jalan Juanda Pekanbaru

Pada bagian bawah mi, terdapat bumbu berminyak yang bewarna coklat. Jika bumbu ini diaduk merata. Saya akan mendapatkan rasa manis pada mie. Diatas mie keriting yang kering, terdapat daging putih yang tepinya berwarna merah menyala. Jangan ragu untuk menyicipi daging ini, daging ini adalah daging ayam yang dibumbu merah. Saat saya membalikkan mie keriting, terdapat tambahan sayuran hijau, kaylan dan toge. Bagi yang tidak suka toge, kita bisa memesan menu tersebut. Daging ayam merah ini ditemani oleh daging berwarna coklat. Daging coklat ini adalah daging ayam yang dimasak manis seperti semur.

DSC_0047
Mie keriting yang digunakan pada mie pangsit Megaria jalan Juanda Pekanbaru

Sebelum menikmati mie ini,jangan lupa untuk menambahkan kecap asin dan merica pada kuah kaldu tawar yang dihidangkan secara terpisah. Tujuannya agar kuah mie ini memiliki rasa pedas dan asin. Saat mie keriting masuk kedalam lidah, rasa manis dari daging coklat berpadu dengan pedasnya merica yang dicampur kedalam kuah kaldu. Pedas dan manis. Kuah kaldu mie pangsit ini ringan, tidak berlemak seperti kuah sup. Lembutnya kulit pasit yang berisikan daging ayam menambah kaya rasa dimulut saya. Nikmat.

Ayam yang digunakan pada mie pangsit megaria Jalan Juanda Pekanbaru

Sebagai kedai kopi lama di Pekanbaru, kedai Kopi Megaria adalah tempat yang pas untuk sarapan di Pekanbaru, mie pangsit dan kopi hitam adalah pilihan pagi yang menarik di Pekanbaru.

Penyajian dari mie pangsit Megaria jalan Juanda Pekanbaru
Advertisements

3 thoughts on “Pedas Manis Mie Pangsit Megaria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s