Mengenal Hewan di Kebun Binatang Kasang Kulim

Teriknya sinar matahari yang membakar bumi Pekanbaru tidak menyurutkan semangat sepasang siamang untuk berteriak. Suara mereka terdengar hingga ke tempat saya membayar tiket masuk. Tulisan selamat datang yang bewarna kusam turut menyambut kedatangan.

Para pengunjung dari Kebun Binantang Kasang Kulim. Sebagian besar pengunjung dari kebun binatang ini berasal dari Kampar dan Pekanbaru.

            Kebun binatang ini bernama Kasang Kulim, letaknya tidak jauh dari ibukota propinsi Riau. Kurang lebih tiga puluh menit berkendara dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda, tidak jauh dari Sekolah Menengah Atas Plus/SMA Plus. Kasang Kulim sudah berdiri dari tahun 1991 dan sampai sekarang masih menjadi pilihan berlibur alternatif bagi warga Pekanbaru.

Elang Laut atau Haliaeetus leucogaster merupakan salah satu koleksi dari Kebun Binatang Kasang Kulim.

            Dari pintu Selamat Datang, saya melewati kanopi buatan yang tersusun dari rangka baja dan seng plastik. Di kiri kanan dari kanopi ini terdapat kandang-kandang yang merupakan rumah dari koleksi hewan yang ada di kebun bintang. Elang laut/ Haliaeetus leucogaster berdiri dengan gagah nya. Elang dengan bulu dada berwarna putih ini terlihat sedang berjemur, menikmati teriknya sinar matahari yang sebagian masuk kedalam kandangnya. Hal yang kontras terjadi pada kandang di sebelah elang laut. Ular sawah/Pyton reticulatus terlihat tidur, terdapat tiga ekor piton di dalam kandang dengan ukuran 4 meter dan tinggi 5 meter ini. Udara yang panas tidak mengganggu ular ular ini menikmati hari nya.

Buaya Muara atau Crocodilus prosus adalah salah satu koleksi dari Kebun Binatang Kasang Kulim.

            Semakin kedalam, semakin banyak koleksi menarik yang bisa saya lihat. Tidak jauh dari jembatan kayu yang dibuat kebun binatang di atas sungai yang membelah kawasan kebun binatang. Terdapat kandang orangutan/Pongo pygmaeus. Ada hal yang menarik di dalam kandang orangutan. Di dalam kandang, terdapat anak orangutan. Anak orangutan terlihat sibuk menikmati makanan yang diberikan oleh pekerja kebun binatang. Dia tidak memperdulikan kedatangan saya, namun, begitu bunyi cermin rana dari kamera digital yang saya bawa berbunyi. Secara tidak sadar bayi orangutan ini berpose. Mungkin, karena cahaya dari lampu kamera menarik perhatian dari bayi ini.

Orang Utan Borneo atau Pongo pygmeus merupakan salah satu koleksi dari Kebun Bintang Kasang Kulim. (2)

Orang Utan Borneo atau Pongo pygmeus merupakan salah satu koleksi dari Kebun Bintang Kasang Kulim.

Orang Utan Borneo atau Pongo pygmeus merupakan salah satu koleksi dari Kebun Bintang Kasang Kulim. Kebiasan pengunjung membuang sampah menyebabkan prilaku orang utan berubah.

            Dengan luas kurang lebih 8 Ha, kebun binatang ini bisa menampung berbagai macam koleksi hewan yang menarik. Di Sebelah barat atau kiri dari kandang orangutan, terdapat koleksi yang mampu memancing rasa iba. Disini terdapat kandang yang merupakan rumah dari beruang madu Sumatera/Helarctos malayanus. Salah satu kaki dari beruang ini putus, kemungkinan besar terkena jeratan harimau. Saat saya sedang berdiri di depan kandangnya, beruang ini tertatih tatih menghampiri saya. Dia menganggap saya akan memberikan makanan. Ketidakpedulian dan ketidaktahuan dari pengunjung menyebabkan hewan hewan yang ada di Kasang Kulim selalu meminta makanan kepada para pengunjung. Kebiasaan memberikan makan ini harus bisa dihentikan.

Beruang madu Sumatera atau Helarctos malayanus merupakan salah satu koleksi dari kebun binatang.

            Udara yang panas yang selalu dikeluhkan oleh warga Pekanbaru tidak terlalu terasa di Kasang Kulim. Pohon-pohon yang di tanam oleh pihak pengelola kebun binatang memberikan perlindungan bagi para pengunjung. Seperti yang di utarakan oleh Jhon yang merupakan salah satu pengunjung kebun binatang “Sudah biasa bagi kami Bang untuk datang ke Kasang Kulim. Yang penting anak senang, bisa lihat hewan-hewan dan piknik di bawah pohon yang rindang”. Selain burung, rusa, beruang,ular, tapir, burung merak, dan kambing gunung. Kebun binatang Kasang Kulim juga memiliki koleksi yang menarik. Koleksi tersebut adalah singa Afrika. Sayangnya saat kedatangan saya, singa Afrika ini memilih untuk berteduh

Selain memiliki koleksi binatang, kebun binatang Kasang Kulim juga memiliki tempat permainan anak yang bisa dinikmati para pengunjung.

Salah satu kandang hewan yang ada di Kebun Binatang Kasang Kulim. Sebagai satu satu nya kebun binatang di Riau. Kasang Kulim terus menambah jumlah koleksi  hewan mereka.

Siamang atau Symphalangus syndactylus merupakan salah satu koleksi dari Kebun Bintang Kasang Kulim.

Para pengunjung dari Kebun Binantang Kasang Kulim. Sebagian besar pengunjung dari kebun binatang ini berasal dari Kampar dan Pekanbaru. (2)

Kambing gunung yang merupakan salah satu koleksi dari kebun binatang Kasang Kulim.

Kasuari gelambir ganda atau Casuarius casuarius  adalah salah satu koleksi dari Kebun binatang Kasang Kulim.

            Sebelum meninggalkan kebun binatang ada pemandangan menarik di depan saya. Gajah Sumatera atau Elephas maximus digiring oleh pawang/mahotnya ke arah sungai yang membelah kebun binatang. Gajah berukuran besar akan mandi di dalam sungai bersama dengan pawang nya.   “Naik bang? “ ujar sang pawang. Ajakan yang menggoda ini terpaksa ditolak karena saya takut kamera yang dibawa menjadi basah. Kebun binatang Kasang Kulim, salah satu wisata alam alternatif yang ada di Riau.

Gajah Sumatera atau Elephas Maximus adalah salah satu koleksi dari Kebun binatang Kasang Kulim. Cukup dengan Rp 10.000 kita bisa megendarai gajah mengelilingi museum.

Advertisements

6 thoughts on “Mengenal Hewan di Kebun Binatang Kasang Kulim

  1. Semoga ke depannya pengelola menanam banyak pohon perindang di kawasan ini. Buat saya, kebun binatang itu semakin suasananya mirip hutan malah semakin bagus, hehehe.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s