Sensasi Gulai Baung di Rumah Makan Cuik

Jika sedang berada di Pekanbaru dan bingung hendak kemana saat makan siang. Mungkin, kita bisa meluangkan sedikit waktu berkendara sekitar 30 menit menyeberangi sungai Siak melewati jembatan Leighton. Menuju ke sebuah rumah makan yang terletak di kiri jalan dari arah Pekanbaru. Atau tepat nya berada di jalan Yos Sudarso. Rumah makan ini menyajikan masakan khas Melayu yang mampu mengugah selera.

Rumah makan Cuik, rumah makan yang terletak di jalan Yos Sudarso Rumbai ini, merupakan salah satu rumah makan legendaris yang ada di Pekanbaru

Rumah makan ini di kenal dengan nama rumah makan Cuik, rumah makan ini adalah salah satu rumah makan yang menjadi saksi bisu kejayaan perkembangan sungai Siak yang membelah Pekanbaru. Pada awalnya rumah makan ini terletak di tepi sungai Siak berada di dekat pelabuhan Caltex/ Chevron. Pada tahun 2010, rumah makan ini pindah ke Jalan Yos Sudarso. Rumbai.

Ramai nya pengunjung menyambut kedatangan saya di rumah makan ini. Jam makan siang adalah jam paling sibuk dari rumah makan ini. kak Cuik, seorang perempuan kecil berkulit coklat menyambut kedatangan saya. Dia menawarkan beberapa menu dari rumah makan. Saya memesan menu istimewa yang menjadi andalan dari rumah makan ini. Menu tersebut adalah gulai ikan baung.

Gulai Ikan baung yang menjadi ciri khas dari rumah makan Cuik, setiap hari sekitar 10 sampai dengan 15 kg ikan baung segar di olah untuk memuaskan para pelanggan rumah makan. (2)

Ikan baung adalah ikan yang memiliki bentuk seperti ikan lele, namun dengan bentuk yang lebih besar dengan daging yang lebih tebal. Ikan ini menghuni sungai-sungai berlumpur yang membelah provinsi Riau. Sungai Kampar, sungai Siak, dan sungai Rokan adalah beberapa tempat di mana kita bisa mendapatkan ikan ini.

Ikan baung yang menjadi menu andalan dari rumah makan ini di masak dengan santan dan bumbu bumbu gulai seperti kunyit dan cabe. Ada hal yang unik dari gulai baung di rumah makan ini. Biasa nya rasa gurih dari santan mendominasi pada kuah gulai. Namun, gulai baung dari kedai Cuik. Gurih nya santan berpadu dengan rasa asam yang berasal dari asam gelugur. Perpaduan kedua rasa ini menggoda lidah saya. Di tambah lagi, lembut nya daging ikan dan rasa pedas dari cabe rawit yang di campur ke dalam kuah gulai, memberikan sensasi yang berbeda. Menurut kak Cuik, setiap hari tidak kurang 10 sampai dengan 15 kg ikan baung akan di antar ke rumah makan ini. Ikan-ikan ini akan diolah menjadi masakan yang menjadi andalan dari rumah makan.

Gulai Ikan baung yang menjadi ciri khas dari rumah makan Cuik, setiap hari sekitar 10 sampai dengan 15 kg ikan baung segar di olah untuk memuaskan para pelanggan rumah makan.

Rumah makan ini berdiri pada tahun 70-an, oleh seorang perempuan yang bernama Sari Banun. Dia berasal dari Batu Sangkar Sumatera Barat. Saat ini ibu Sari Banun sudah digantikan oleh anak-anak nya. Kak Cuik adalah salah satu anak beliau. Penamaan warung ini dengan nama Cuik berasal dari panggilan salah satu anaknya, Si Suik. Panggilan ini, lama kelamaan berubah menjadi Cuik. Dengan nama Suik lah, rumah makan ini di kenal.

Selain menjual gulai ikan baung, rumah makan Cuik juga menjual ayam kampung goreng, ayam kampung gulai dan ikan selais goreng. Semua menu makanan ini di santap bersama sayur daun singkong rebus dan sambal. Ada dua pilhan sambal di warung makan ini, sambal hijau ataupun sambal merah.

Gulai Ikan baung yang menjadi ciri khas dari rumah makan Cuik, setiap hari sekitar 10 sampai dengan 15 kg ikan baung segar di olah untuk memuaskan para pelanggan rumah makan. (2)

Rp 43.000 yang harus saya bayar saat meninggalkan warung makan. Harga ini untuk menikmati sepiring gulai ikan yang terdiri dari dua potong, sayur sambal dan nasi putih. Harga yang pantas untuk menikmati masakan dari salah satu rumah makan legendaris di Pekanbaru.

Advertisements

6 thoughts on “Sensasi Gulai Baung di Rumah Makan Cuik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s