Kelap Kelip Alun Alun Selatan

            “hhah.. hhhaah.. hhhhaah”. Semakin lama, suara napas semakin berat. Suara “ kriek.. kriek… kriek “ dari rantai ikut serta dalam duet harmoni ini. Perjalanan ini berawal dari keisengan saya menyusuri Alun- Alun Utara dari Kraton Yogyakarta. Dengan mengikuti papan petunjuk yang ada, tanpa saya sadari ternyata saya telah tiba di sebuah lapangan luas di sisi selatan Kraton yang di kenal dengan sebutan Alun Alun Selatan.Image

Alun-Alun Selatan adalah sebuah lapangan besar yang terletak di sisi selatan Kraton Yogyakarta.  Ada sebuah cerita masyarakat yang menyusun alun alun ini. Dua folklore yang paling akrab dengan alun-alun kidul adalah tentang keberadaannya yang dibangun agar belakang keraton nampak seperti bagian depan sehingga tidak membelakangi laut selatan yang dijaga oleh Ratu Kidul yang konon punya hubungan magis dengan Raja Mataram. Cerita kedua adalah mitos melewati beringin kembar dengan mata tertutup. Permainan ini bernama masangin, singkatan dari masuk dua beringin. Kegiatan masuk kedalam dua beringin ini dilakukan untuk menguji keihlasan hati kita. Peraturan nya sangat lah sederhana, dengan menggunakan mata yang tertutup. Kita akan berjalan lurus menuju dua pohon beringin. Pada zaman dahulu, masangin di laksanakan setelah tapa bisu pada malam satu Suro. Kegiatan ini dilakukan oleh para prajurit Kraton dengan tujuan untuk keselamatan Kraton. Namun sekarang, kegiatan masangin  menjadi icon  Alun Alun Selatan.

Image

Dari sore hari alun alun ini telah ramai di kunjungi oleh masyarakat. Jika ingin mencari alternatif hiburan di sekitar Kraton, Alun Alun Selatan adalah jawabannya. Banyak permainan seru yang bisa kita temukan disini. Seperti permainan yang sedang saya mainkan. Saya sedang menaiki sepeda kelap kelip. Sepeda kelap kelip adalah sepeda yang dimodifikasi dengan menambahkan lampu kelap kelip. Terdapat berbagai macam bentuk yang terdapat pada lampu yang digunakan di sepeda ini.Bentuk-bentuk ini sangat menarik. Ada berbentuk tugu,  berbentuk angry bird, dan berbagai bentuk lainnya. “Hhhh. Ternyata berat juga” Hal ini yang ada di kepala saya saat mengayuh sepeda ini.  Setelah selesai satu putaran, sepeda saya kembalikan. Saya berjalan menuju beringin.

Image    

           Saat berada di dekat pohon beringin. Saya mendengar  tawa lepas dari seorang pria. Ternyata, ada pasangan muda yang sedang mencoba keberuntungan di beringin. Pasangan perempuan yang seperti nya berumur 20 tahun ini terlihat berusaha berjalan lurus. Namun, setiap sang perempuan berusaha lurus saat itu juga dia melenceng entah itu kekiri ataupun kekanan. Lelaki ini terus tertawa. Akhir perjalanan sang perempuan adalah dia melenceng 150 meter kearah kanan dari pohon beringin. Entah apa yang dibicarakan kedua pasangan ini saat perjalanan menuju beringin ini selesai. Yang jelas, mereka saling bergandengan tangan. Ah, anak muda.

Image

.            Selain kedua pasangan muda ini. Banyak juga orang-orang yang ingin mencoba keberuntungan mereka. Kegiatan ini juga menimbulkan keriuhan tersendiri di sekitar pohon beringin. Dari pohon beringin, saya berjalan kearah gerobak yang menjual makanan. Ya, selain terdapat wahana bermain. Di Alun-alun kita juga bisa menikmati makanan ringan. Pelayanan gerobak makanan adalah dengan lesehan. Sambil duduk kita bisa memesan wedang ronde, jagung bakar, mie rebus dan juga mie goreng. Setelah sedikit berkeringat. Seperti nya sekarang saat nya mengisi kampung tengah saya.

Image

Notes:

  1. Jika ingin mencoba masangin, cukup dengan Rp 5.000 kita sudah bisa menyewa tutup mata dan mencoba keberuntungan
  2. Jika ingin mencoba sepeda kelap kelip. Cukup dengan Rp 35.000 kita bisa mengelilingi alun alun
  3. Jika lapar datang, kita bisa menikmati makanan ringan yang dijual disini. Makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Advertisements

4 thoughts on “Kelap Kelip Alun Alun Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s