Yuk belanja di Pasar Hamadi

             “Wiih, ada koteka, ada tifa,ada ukiran asmat,batik Papua pun ada Lengkap sekali”.  Hal tersebut yang saya lihat di sini. Sekarang saya berada di pasar Hamadi. Sebuah pasar yang menjual berbagai macam aksesoris yang berasal dari tanah Papua. Pasar ini terletak di Jalan Perikanan, Jayapura. Kurang lebih sekitar 10 menit berkendara  dari Jayapura.Image

            Di sini, kita dapat melihat berbagai macam aksesoris khas dari bumi Cendrawasih. Begitu tiba, saya langsung menuju salah satu toko yang ada. Saya melihat ukiran kayu khas Asmat. Ukiran kayu dengan motif-motif khas suku Asmat banyak terdapat di toko-toko sepanjang jalan ini. Ukiran Asmat tersebut, ada yang asli  dan ada pula yang sudah di ukir ulang di Jayapura. Tergantung kelihaian dan kemahiran kita dalam mengenali ukiran ini.  Harga  nya pun berbeda, baik yang dari Asmat ataupun dari Jayapura. Jika tertarik membeli, kita bisa berdiskusi mengenai harga dengan pemilik toko.Image

            Dari ukiran, saya beralih ke koleksi lain yang banyak  dijual  di sini. Saya melihat koteka yang penuh dengan lukisan-lukisan unik. Koteka bagi masyarakat umum atau  bagi masyarakat adat Dani di sebut dengan holim adalah pakaian bagi laki laki dari Pegunungan Tengah Papua. Koteka, di buat dari buah labu yang sudah tua. Buah labu  ini, nanti nya akan di bakar di atas pasir halus hingga semua isi nya mencair dan keluar. Setelah keluar, buah labu  akan di gantung di atas perapian dan  jemur hingga kering. Saat Penggantungan ini, biasa nya koteka sudah mulai di bentuk. Ada yang berbentuk spiral, ada yang melingkar. Masing-masing suku, beda bentuk koteka nya. Di sini, koteka di gantung bergerombol. Jika  tertarik, kita bisa membawa koteka ini ke kampung halaman.Image

            Koleksi unik yang ada di pasar ini adalah, lukisan kulit kayu dari Pulau Asei. Lukisan yang di lukis di atas kayu khombouw ini di jual di semua toko  di pasar ini. Keunikan motif dan media untuk melukis menjadikan lukisan kayu ini layak untuk di koleksi.Image

            Setelah puas melihat dan menawar buah tangan khas Papua, saya beralih ke toko yang lain. Terdapat koleksi yang unik di sini. Koleksi tersebut adalah kain batik dengan motif Papua. Kain batik Papua ini bercorakkan motif-motif yang unik. Ada burung cendrawasih, buaya, ukiran rumah adat, ukiran asmat,tifa dan berbagai motif lain nya. Motif ini  dipadu dengan warna yang sangat menarik. Batik Papua didominasi oleh warna cerah. Seperti hijau, merah, biru dan lain nya. Kain ini ada yang berbahan dasar kain shantung dan ada juga sutra.  Kain-kain ini di jual meteran.Image

            Semua koleksi yang ada di pasar ini, bisa kita bawa sebagai buah tangan. Tawar menawar lah dengan para pedagang yang ada di pasar ini. Tidak lah lengkap kehadiran kita ke bumi Cendrawasih tanpa membawa pulang buah tangan khas daerah ini.Image

 

Notes:

  1. Pasar ini masih memakai sistem yang sudah ada dari zaman dahulu. Sistem tawar menawar. Silahkan beradu kemampuan dengan para pedagang di pasar ini.
  2. Persiapkan dompet. Karena banyak nya aksesoris yang ada, menyebabkan kita lapar mata ingin membeli.
  3. Tanya kepada para pedagang. Jika ingin membeli ukiran yang ada. Ada ukiran yang berasal dari Asmat dan ada yang di buat ulang. Ada rupa,ada harga.Image

Image

 

Image

           

 

 

Advertisements

13 thoughts on “Yuk belanja di Pasar Hamadi

  1. wuah…
    puas banget lihat kelihaian mas Bayuwinata menggambarkan cinderamata di Papua sana… hebat, aku bisa membayangkan jika ada di depanku…
    wasikkk banget… bakal beli apa aja yah aku kira kira…
    tapi aku terkesan banget sama batik dan miniatur ukirannya… keren banget…
    semoga nanti aku bisa ketemu juga seperti ini….

    trus kalau mas Bayuwinata yang dibeli apa aja kah?
    nawarnya susah susah gak?
    penasaran harganya kisaran berapa saja.. hmmm

    1. kalo saya.. nggak ada beli, hahaha.. kalo batik itu.. sekitar segitu emang harga nya..:D. kalo nawar sih nggak susah. karena yang jualan orang orang bugis..:D.. jadi tawar aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s