Imlek di Lasem

           Rumah tua yang terletak di Jalan Karang Turi Gang 4 no 17 Kecamatan Lasem ini sudah berumur 160 tahun. Rumah ini memiliki arsitektur khas Tionghoa, sama seperti rumah rumah yang menjadi ciri khas dari kota Lasem. Rumah ini di huni oleh tiga orang penghuni. Dua perempuan dan satu laki laki. Lo Khing Gwan adalah nama penghuni laki laki. Sedangkan dua penghuni perempuan  bernama Khalawati Gunawan dan Menuk Setyowati. Lo Khing Gwan dan Khalawati Gunawan adalah saudara sepupu sedangkan Menuk Setyowati adalah pengasuh mereka.

Kedua pasangan ini di panggil dengan sebutan Oma dan Opa. Rumah yang di tempati pasangan ini dulu nya di bangun oleh kakek Opa yang bernama Liem Sie Tong, Kakek Opa ini adalah  Shinsei yang bisa mengobati penyakit. Saat sekarang,Oma dan Opa hidup dalam tanggungan saudara nya. Opa sendiri tidak memiliki anak sama sekali  Begitu juga  Oma.

Perayaan imlek tahun Ular ini. Oma dan Opa bersemangat dalam menjalani ritual sembahyang tahun baru China. Semua sesaji yang nanti nya akan di serahkan ke leluhur sudah di persiapkan oleh Mbak Menuk. Tapi tentu saja dengan sederhana. Tidak berlebihan. Dulu, kata Opa, saat dia masih muda. Sesaji yang akan di serahkan ke leluhur  saat kakek nya masih hidup bisa sangat panjang hingga membutuhkan dua meja di sambung. Sedangkan sekarang, kesederhanaan yang mereka sajikan kepada Dewa dan Leluhur.

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Image

Advertisements

9 thoughts on “Imlek di Lasem

  1. foto terakhir itu foto apa?
    suka foto ncim duduk itu. tapi imlek kan terkenal dengan warna warninya. gak ada foto berwarnanya mas?

      1. bentuk nya huruf china. karena jaman orde baru. Ornamen ornamen china yg ada di rumah rumah Lasem. di hilangkan oleh pemilik rumah tersebut. sisa

  2. if i’m not mistaken, the chinese wordings are: 壽山, or long life like mountains, the other side of the entrance should be 福海 or wealthy as sea. i saw quite a number of similar wordings during my previous visit to Lasem

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s